Tim Satgasus Polri Bongkar Sindikat Cyber Crime Internasional

Judul lagu : Tim Satgasus Polri Bongkar Sindikat Cyber Crime Internasional

Best Page:


Tim Satgasus Polri Bongkar Sindikat Cyber Crime Internasional


SURABAYA, LAMPUNGUPDATE.COM – Tim Satgasus Polri (Gabungan Dit Siber Bareskrim Polri, Ditreskrimum PMJ, Ditreskrimsus PMJ dan Polresta Depok bekerja sama dengan Kepolisian China) berhasil menggrebek dan mengungkap dugaan kejahatan siber (cyber Crime) internasional di tiga lokasi di perumahan Bukit Darmo Golf Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, sekira pukul 16.30 WIB.

Ketua Tim Satgasus Polri, Kombes Herry Heryawan, SIK., MH., menyebut, pelaku melakukan tindak kejahatan dengan modus operasi penipuan dan atau pemerasan di mana pelaku mengaku sebagai aparat penegak hukum (polisi atau jaksa), dengan korban kejahatan adalah WNA di negara China.

Dari operasi itu, Tim Satgasus Polri menemukan sejumlah data di tiga lokasi tersebut, yakni rumah di Jalan Mutiara Graha Family Blok N-1, rumah di Jalan Graha Family Timur 1 Blok E 68, dan rumah di Jalan Graha Family Timur 1 Blok E 58. Semuanya berlokasi di perumahan Bukit Darmo Golf Surabaya.

“Dari operasi ini kita mengamankan sebanyak 93 orang terduga pelaku yang diciduk dari tiga lokasi tersebut. Hasil interogasi sementara menyimpulkan, para pelaku telah melakukan aktivitas kejahatan siber berskala internasional sejak bulan Februari 2017,” ujar Herry Heryawan, yang juga Kapolresta Depok, Jawa Barat.

Dari 93 terduga pelaku kejahatan siber internasional itu, perinciannya: 34 pria (28 warga China, 6 warga Taiwan) dan empat wanita. Total 38 orang diamankan dari lokasi rumah di Jalan Mutiara Graha Family Blok N-1 Bukit Darmo Golf.

Selanjutnya, dari rumah di Jalan Graha Family Timur 1 Blok E 68 Bukit Darmo Golf, aparat mengamankan 20 orang, meliputi 10 pria (6 warga China 4 warga Taiwan) dan 10 wanita. Sedangkan, dari lokasi rumah di Jalan Graha Family Timur 1 Blok E 58 Bukit Darmo Golf diamankan sebanyak 35 orang, masing-masing 23 pria (21 warga China, 2 warga Taiwan) dan 12 wanita warga China.

Menurut Kombes Herry Heryawan, para pelaku mengaku sebagai aparat penegak hukum (polisi atau jaksa) dengan korban adalah WN China yg berada di Negara China di mana korban diancam sedang terlibat kasus tertentu yg sedang ditangani oleh aparat penegak hukum. (*)

Title :Tim Satgasus Polri Bongkar Sindikat Cyber Crime Internasional
Sumber:Tim Satgasus Polri Bongkar Sindikat Cyber Crime Internasional

Baca Juga :


Tim Satgasus Polri Bongkar Sindikat Cyber Crime Internasional

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tim Satgasus Polri Bongkar Sindikat Cyber Crime Internasional"

Posting Komentar